Workshop Branding SMK - KemenDikBud

2019-03-18

SMK YADIKA 13 mendapatkan undangan untuk melakukan workshop selama 3 hari di Hotel Novotel – Bali. Undangan tersebut didapatkan setelah sosial media SMK YADIKA 13 terus memberikan informasi dan juga konten-konten yang positif terhadap masyarakat umum terkait keberadaan SMK YADIKA 13.

Dalam workshop tersebut DITPSMK berkomitmen untuk terus memberikan nama/citra yang positif bagi SMK-SMK di Indonesia, karena kebanyakan citra/nama SMK itu selalu dengan yang negatif, walau tidak banyak tetapi saat kemunculan berita negatif tidak banyak yang menutupinya dengan prestasi yang positif di SMK.

workshop rebranding indonesia

Hari pertama para peserta workshop diberikan paparan tentang bagaimana peran SMK dapat menjadikan para peserta didik memanfaatkan revolusi 4.0 untuk meningkatkan citra dari sekolahnya. Selain itu Direktur Pembinaan SMK Bapak Dr. Ir. M. Bakrun, MM juga menyampaikan bahwa sekarang saatnya para SMK-SMK di Indonesia harus memberikan informasi yang positif bagi pelaksanaan pembelajaran yang berada di sekolah masing-masing. Jangan membiarkan informasi-informasi yang negatif muncul dan menjadi lebih terkenal di dunia maya dibandingkan dengan berita-berita yang positif tentang dunia SMK.

Hari kedua para peserta workshop mendapatkan informasi mengenai Brand Proporsition, Brand Strategy, Brand Experience dan School Branding oleh pemateri Fauzy Harmoko dari BranDoctors Indonesia yang menyampaikan tentang pentingnya Brand Strategy untuk membuat kampanye tentang sekolah masing-masing berdampak positif bagi citra sekolah tersebut. Lalu dilanjutkan bagaimana caranya membuat School Branding agar SMK-SMK di Indonesia dapat membuat citra yang lebih baik lagi kedepannya. Selain itu para tim dari Brandoctors Indonesia juga mengajarkan tentang bagaimana membuat konten yang baik di sosial media, bagaimana pemanfaatan aplikasi di telelpon selular agar tampilan foto yang akan kita publikasikan lebih menarik.

workshop rebranding smk

Selain tentang teori, para peserta workshop dari 85 sekolah se-Indonesia juga diberikan pelatihan secara langsung oleh Vloger teteh Gina Rahmalia sebagai trainer dari PT. KAI (Persero) bagaimana cara untuk membuat video secara langsung dengan menggunakan aplikasi yang ada di telepon selular masing-masing peserta. Pembelajaran tersebut selain menumbuhkan minat para peserta workshop juga membangkitkan percaya diri dari para peserta, karena teh Gina tidak cuma memberikan materi vlog tetapi juga memberikan inspirasi bagi para bapak/ibu yang hadir.

3 hari workshop tersebut sangat membantu para SMK-SMK untuk terus berbenah dan memaksimalkan peran dari branding untuk bisa membuat citra yang sangat baik di mata masyarakat dan juga dunia usaha/industri. Dan pihak struktural di SMK-SMK harus bisa melihat peluang untuk lebih memasarkan SMK ke arah yang lebih baik lagi dengan cara yang sama dengan memasarkan sebuah produk untuk brand-brand besar.

Karena masyarakat saat ini tidak hanya menilai sekolah dari informasi yang mereka dapatkan dari mulut ke mulut tetapi mereka juga bisa melihat secara langsung melalui peran sosial media yang ada di SMK-SMK tersebut. Begitupun dengan SMK YADIKA 13 yang selalu berkomitmen untuk memberikan setiap informasi kepada masyarakat luar melalui sosial media sekolah, agar pesan kami sebagai pihak sekolah dapat sampai ke para orang tua dan mempercayakan anaknya untuk mendapatkan pemebalajaran di SMK YADIKA 13.

Leave a reply
Sosialisasi Agenda Kelas 12
All comments (3)
  • Juli Dwi Susanti
    2019-03-18 at 2:23 pm

    Good job, semoga ke depan lebih baik lagi

    Reply
  • Gildhan
    2019-03-18 at 2:53 pm

    Mantaps...maju terus SMK yadika 13

    Reply
  • asd
    2019-04-17 at 10:05 pm

    javascript:alert(1); javascript:alert(1); javascript:alert(1); javascript:alert(1); javascript:alert(1); javascript:alert(1); javascript:alert(1); '`">javascript:alert(1) '`">javascript:alert(1) x3Cscript>javascript:alert(1) '"`>/* *x2Fjavascript:alert(1)// */ javascript:alert(1)

    Reply

Leave Your Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *