6 Tips Mudik Yang Beda

2019-06-02

Puasa sudah memasuki hari ke 28, dan para pekerja sudah mulai mendapatkan cuti bersama, dan tidak terasa sudah ada yang mudik, sudah ada yang sampai di kampung halaman dan sebentar lagi lebaran yang dinanti-nanti akan segera tiba berkumpul bersama keluarga dan sanak famili. Nah buat yang pulang kampung sudah tidak sabar untuk merencanakan perjalanan mudiknya bersama keluarga ataupun sendirian, mulai dari tiket kereta, pesawat udara, kapal laut, kereta api hingga membawa kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Tapi sebelum keberangkatan kita mudik ada baiknya kita mempersiapkan segala hal yang dapat membuat perjalanan mudik kita menjadi lebih bermakna dan terasa berbeda dari mudik-mudik sebelumnya. Ada 6 tips yang bakalan membuat perjalanan mudik kamu-kamu semua menjadi lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tips Mudik Yang Bikin Berbeda

Betul banget sebelum perjalanan pulang kampung yang membutuhkan tenaga dan biaya kita juga perlu mengatur persiapan yang matang. Mau tahu apa saja yang harus kamu persiapkan dan strateginya? Kita akan bahas dari nomor 6 ke nomor 1, silahkan di baca dan semoga bisa membuat mudik kita tahun ini menjadi berbeda.

6. Persiapkan Makanan dan Minuman

Perjalanan mudik atau pulang kampung pasti sangat memakan waktu dan biaya, untuk itu selama perjalanan mudik tersebut kita harus menyiapkan strategi segala macam hal termasuk makanan dan minuman yang akan kita dan atau keluarga konsumsi.

Tips kali ini atur waktu perjalanan, sebisa mungkin saat waktu perjalanan mendekati Magrib cari di GPS kita rute yang mengarah ke area kampus, sekolahan ataupun masjid/musholla karena rute-rute tersebut banyak menyediakan menu iftar bersama ketika waktu berbuka. Pilih masjid-masjid yang besar karena biasanya menunya nasi kotak yang berlogokan nasi padang.

Lumayan bukan, perut terisi kenyang seketika dan ibadah Magrib tidak akan terlewatkan begitu saja, karena membeli menu berbuka di tempat-tempat istirahat sangatlah menguras kantong kita dan lagi pula sayangkan mereka yang sudah menyiapkan ifthar untuk kita.

5. Bawa 1 Set Lunch Box

Tips ke 5 untuk mudik kali ini coba untuk tidak/jangan melewati jalan TOL, jika yang membawa kendaraan pribadi. Lewati jalur-jalur Selatan ataupun Utara karena sambil bermudik kita dapat melintasi pemandangan-pemandangan yang sangat memberikan makna dan cerita dalam perjalanan mudik kita tahun ini.

Terkait dengan tips nomor 6, pada tips ke 5 kita harus mempersiapkan 1 set lunch box boleh yang besar ataupun kecil, karena saat perjalanan mudik jika melewati jalur Utara maupun Selatan biasanya banyak yang membagikan takjil-takjil di pinggir-pinggir jalan, nah takjil sendiri biasanya terdiri dari 1 gelas air mineral, kurma, maupun kue-kue kering dan basah yang digunakan untuk menyegerakan kita berbuka dan dibungkus dengan plastik.

Jika dalam 1 Km ada 2-3 pemberi takjil belum di Km-Km selanjutnya maka dapat dipastikan kue-kue kering maupun basah dan juga kurma akan membutuhkan tempat yang lebih praktis saat akan di konsumsi, dan lunch box adalah solusinya. Dengan memindahkan kue-kue dan kurma tersebut ke dalam lunch box yang kita bawa maka takjil-takjil tersebut tidak mudah terjatuh, tergencet oleh tubuh kita, ataupun mengundang semut untuk ikut datang ke takjil-takjil yang sudah kita terima.

4. Jalin Silaturahmi Antar Pemudik

Arus mudik tentunya akan di padati oleh para pemudik dari berbagai wilayah, akan sangat disayangkan jika momen tersebut harus hilang begitu saja, manfaatkan momen tersebut untuk kita saling membuat tali silaturahmi antar pemudik. Jika perjalanan macet dan tidak bergerak sama sekali, tidak ada salahnya jika kita membawa kendaraan pribadi berupa mobil, turun dari mobil kita dan menyapa mobil-mobil yang ada di depan, belakang, kiri dan kanan. Begitupun jika kita membawa kendaraan roda dua, saling berkenalan dalam kemacetan antar pemudik sungguh indah dan besar maknanya, selain dapat menambah teman baru dan tentunya pahala dari menjalin silaturahmi.

Makna mudik dan Idul Fitri akan sangat berbeda jika kita bisa membuat tali silaturahmi baru antar pemudik, yang mungkin kita akan mendapatkan teman seperjalanan, cerita seperjalanan, dan yang terpenting adalah saling berbagi antar pemudik itu sungguh momen yang tidak bisa terlupakan dan kita ulang-ulang lagi.

Karena kita tidak ada yang pernah tahu, jika kerabat-kerabat baru kita saat menikmati kemacetan akan menawarkan makanan dan minuman yang mereka bawa untuk kita juga bisa nikmati, maka hal tersebut akan sangat bermakna bukan untuk mudik kita. Dan pastinya lunch box yang kita bawa pada tips ke 5 akan lebih sangat berguna lagi, setelah menu takjil yang sudah kita tempatkan maka ruang-ruang kosong yang masih terdapat di lunch box dapat kita isi dengan makanan dan atau minuman dari teman baru kita saat kemacetan terjadi.

3. Cari Ilmu Yang Bermanfaat

to be continued atau bersambung

Leave a reply
Workshop Branding SMK – KemenDikBud6 Tips Mudik Yang Beda (bag. 2)

Leave Your Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *