6 Tips Mudik Yang Beda (bag. 2)

2019-06-03

3. Cari Ilmu Yang Bermanfaat

Perjalanan mudik akan terasa teramat panjang jika kita hanya menyaksikan kemacetan saja, setelah kita menambah tali silaturahmi dengan sesama pemudik, maka tips ke 3 kali ini adalah bagaimana kita tetap mendapatkan ilmu yang bermanfaat ketika kita sedang dalam perjalanan mudik.

Tidak bisa dipungkiri akses internet sekarang sudah semakin cepat, para penyedia jasa layanan telekomunikasi berlomba-lomba untuk memberikan paket data yang diburu oleh para konsumennya. Maka tidak ada alasan bagi kita untuk kehabisan paket data ataupun kuota untuk terus belajar menggunakan media internet sebagai wadahnya.

Salah satu platform yang paling mudah adalah Youtube, dengan Youtube kita bisa dengan sekejap mempelajari apapun yang kita inginkan, tentunya dengan akses konten yang positif. Jika kita mencari akun-akun Youtube yang dapat menambah ilmu kita mengenai dunia pendidikan channel SMK YADIKA 13 adalah salah satu channel yang selalu mengusung konten-konten pendidikan yang kekinian. Di channel tersebut terdapat konten-konten yang menampilkan karya siswa, cerita santai, ataupun pembelajaran-pembelajaran via Youtube.

Jika sudah selesai menonton channel SMK YADIKA 13 dan kondisi perjalanan masih saja macet, maka kita juga bisa menonton channel-channel yang memberikan tutorial cara membuat es buah campur dengan es kelapa ditaburi dengan alpukat dan sirop berwarna merah, glleekkk…. glleekkk.

Tapi ingat menonton channel-channel yang bersifat kuliner minimal waktu menunjukkan pukul 17.40 WIB, karena jika kita menonton kuliner saat matahari masih tinggi maka dapat dipastikan kita akan terus terbawa-bawa mimpi dengan es buah, pempek, mie goreng godhog, sushi, ataupun es teh manis.

2. Bawa Barang Seperlunya

Ingat, kita itu dalam perjalanan mudik bukan pindahan jadi sangat diharapkan dalam tips kali ini kita tidak membawa barang-barang yang tidak kita butuhkan saat di kampung halaman. Karena kita sendiri yang akan diribetkan dengan barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan saat di kampung halaman nanti.

Sebelum keberangkatan alangkah baiknya kita cek dan ricek lagi barang-barang apa saja yang tidak perlu kita bawa dan yang perlu kita bawa. Karena bukan tidak mungkin, anak, istri/suami malah membawa barang-barang yang membuat penuh bagasi kita. Dan pastikan keluarga kita di kampung halaman juga tidak meminta dibawakan barang-barang yang tidak ada di sana.

Akan sangat repot saat keluarga di kampung halaman meminta kita untuk membawakan ketupat dari kota, karena menurut pengamatan dan penelitian tidak ada bedanya antara ketupat yang dari kampung halaman dengan yang ada di kota.

Membawa foto mantan dan hadiah dari mantan juga termasuk ke dalam barang-barang yang tidak dibutuhkan. Walaupun memang foto dan hadiah tidak terbawa tetapi kenangan bersama mantan itu malah sering muncul saat masa-masa lebaran sekarang. Kenangan saat bukber bersama, cari baju lebaran bersama, kejar-kejaran di taman bersama sambil bagi-bagi takjil, beli ketupat di pasar bersama sampai sholat Tarawih. Huufffttt, ya gaaesss.

Tidak hanya foto dan kenangan bersama mantan yang tidak perlu kita bawa mudik, tetapi juga dia yang hanya memberi kita harapan palsu. Karena semua itu hanya membuat Idul Fitri kita menjadi semu dan kelabu.

1. Siapkan Mental Kita

Dan yang terakhir tips mudik 1440 H kali ini adalah persiapkan mental kita, perjalanan mudik layaknya perjalanan jauh ketika kita sedang liburan. Namun yang membedakan adalah jumlah orangnya saja, akan ada kepadatan-kepadatan yang terjadi selama perjalanan kita ke kampung halaman. Tidak cukup hanya berdo’a saja kita juga harus menyiapkan mental dan stamina kita untuk tetap fresh saat tiba di kampung halaman nantinya.

Jika kita sudah menyiapkan mental dan stamina, maka perjalanan yang panjang dan melelahkan dengan ratusan orang akan tetap membuat kita segar saat bertemu dengan keponakan-keponakan dan sanak famili. Dan saat hari raya Idul Fitri berlangsung maka kita akan sangat gembira disambut oleh para sanak famili dan keluarga besar kita.

Akan ada banyak ponakan-ponakan kecil kita mulai dari SD sampai dengan kuliah mungkin yang sumringah dengan kedatangan kita dari kota. Sedangkan kita yang sudah optimis untuk segar saat bertemu dengan sanak famili harus menelan ludah yang ada di tenggorakan.

Perjalanan yang melelahkan tidak menjadi alasan kita untuk tidak tersenyum saat hari kumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Tapi yang membuat mental kita menjadi down adalah bertambahnya jumlah ponakan kita, yang dari tahun kemarin 10 sekarang bisa menjadi 20 lebih, dan amplop yang sudah kita siapkan harus ditambahkan lagi. Dan kita harus tetap tersenyum.

Mudik Aman, Lancar, dan Sampai Kembali dengan Selamat

Semoga 6 tips yang berbeda ini dapat menjadikan mudik tahun ini aman, lancar dan sampai kembali dengan selamat semuanya. Banyak kecelakaan yang terjadi selama masa mudik lebih disebabkan karena kelalaian pengendara. Untuk menghindari hal tersebut selama perjalanan mudik, sebaiknya Kita mengutamakan keselamatan saat mudik dengan kendaraan pribadi. Ingat, jangan egois saat berkendara di jalan, lakukan persiapan yang baik agar mudik tahun ini aman, nyaman, lancar dan selamat hingga tujuan kita.

SMK YADIKA 13 MENGUCAPKAN “Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Shiyamana wa Shiyamakum” SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H

Leave a reply
6 Tips Mudik Yang Beda

Leave Your Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *